• 3
  • ·
  • 19 Aug 2022

Stonehenge: Daya Tarik, Rute, dan Info Lainnya

Tak hanya dikenal dikenal dengan destinasi wisata kulinernya, Kota Jogja juga menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang mempesona dan tak boleh untuk dilewatkan. Salah satunya adalah wisata alam Stonehenge yang berada di daerah Cangkringan, Sleman.


Baca juga: Suwatu by Mil and Bay: Lebih dari Sekadar Wiasata Kuliner 


Stonehenge adalah sebuah wisata yang di dalamnya terdapat susunan batu yang sangat tinggi dan disusun berdasarkan pola, sehingga membuat wisata yang satu ini sangat unik dan wajib untuk dikunjungi.


Tertarik untuk berwisata di Stonehenge Cangkringan? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Daya Tarik 'Stonehenge' Cangkringan

Foto oleh @dongvns


Objek wisata Stonehenge Cangkringan sering dijuluki oleh wisatawan sebagai “Jogja Rasa Inggris” karena susunan batu yang ada di bangunan yang ada di sini merupakan replika dari Stonehenge aslinya yang berada di Inggris. Objek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan padang rumput hijau yang dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rimbun.


Stonehenge Jogja ini menjadi bukti betapa dahsyatnya peristiwa letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 silam. Bebatuan yang digunakan untuk menyusun Stonehenge ini diambil dari sisa erupsi Gunung Merapi setinggi 4 meter yang disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai bangunan aslinya di Inggris.  


Objek wisata Stonehenge Jogja menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk berfoto-foto ria karena pemandangannya yang cantik. Tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi prewedding, produksi video iklan, hingga film loh!


Di lokasi wisata ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dan juga terbenam yang sangat indah dan wajib untuk diabadikan menggunakan kamera. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata Stonehenge ini adalah pagi hari dari pukul 06.00-10.00 WIB, dimana sinar matahari masih belum begitu menyengat.


Meskipun Stonehenge Cangkringan ini hanyalah sebuah replika, Stonehenge ini tetap menjadi salah satu karya yang luar biasa dari seorang manusia. Untuk menghargai karya yang spektakuler ini, pengunjung dilarang keras untuk melakukan vandalisme ataupun mengotori area Stonehenge dan wajib menjaga kebersihan selama berada di area objek wisata.


Meskipun baru diresmikan pada tahun 2016 lalu, objek wisata Stonehenge telah memiliki berbagai fasilitas yang lengkap seperti tersedianya area parkir yang luas, toilet yang bersih, dan juga dekat dengan beberapa restoran lokal di sekitarnya.

Rute Menuju Lokasi

Foto oleh @irfanbayuaji


Stonehenge berlokasi di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Anda perlu menempuh jarak ±30 KM dari pusat Kota Jogja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa menggunakan rute dengan menyusuri Jalan Kaliurang hingga memasuki ke arah Pakem. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti petunjuk jalan maupun Google Maps untuk melaju ke arah Cangkringan.


Stonehenge terletak di jarak 7 KM dari puncak Gunung Merapi dan termasuk ke dalam objek wisata yang paling dekat dengan Merapi. Meskipun dekat dengan puncak gunung, Anda juga bisa berkeliling ke beberapa objek wisata lain yang masih satu area dengan Stonehenge seperti The Lost World Castle, Museum Sisa Hartaku, dan juga Kopi Merapi (Kopmer).

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Foto oleh @jellyvip


Stonehenge termasuk ke dalam objek wisata yang murah meriah dan ramah di kantong, tiket masuk ke objek wisata Stonehenge Cangkringan saat ini adalah Rp10.000/orang. Selain itu, Anda juga perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.


Wisata Stonehenge Cangkringan buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Wisatawan disarankan untuk datang saat cuaca cerah, agar lebih leluasa untuk berfoto-foto ataupun sekedar bersantai di area wisata.


Untuk Anda yang baru pertama kali datang ke objek wisata ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan selama mengunjungi Stonehenge:

  • Siapkan Uang Cash

Tips pertama untuk berkunjung ke Stonehenge adalah menyiapkan uang cash berlebih karena di kawasan ini cukup jauh dari ATM dan mayoritas transaksi bisnis di sini belum menggunakan uang cash daripada digital.


  • Gunakan Baju yang Nyaman

Jangan lupa untuk selalu menggunakan baju yang nyaman saat berwisata ke Stonehenge. Jika Anda berkunjung saat pagi hari, disarankan untuk menggunakan baju hangat karena suhu di daerah Cangkringan cukup rendah berkisar di 16-19°C.


  • Pastikan Baterai HP dan Kamera Anda Penuh

Bagi Anda yang suka berfoto atau ingin hunting foto di Stonehenge, pastikan baterai HP Anda penuh sehingga bisa lebih leluasa dan bebas untuk mengambil gambar. Jika beruntung, Anda bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan jelas dari area Stonehenge ini.

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai wisata Stonehenge, semoga bisa menjadi referensi liburan Anda di Jogja!